8.12.11

Teknologi Turbo Boost untuk meningkatkan Kinerja Komputer Processor i5 dan i7

Teknologi Turbo Boost untuk meningkatkan Kinerja Komputer Processor i5 dan i7, Dimulai dari sebuah pertanyaan menarik dari seorang komentator di blog saya, saya pun tertarik membuat sebuah artikel mengenai hal ini.
OKE, jika anda tidak sabar, mari kita langsung saja ke pembahasan..

Intel Turbo Boost Technology adalah teknologi terbaru dari intel yang secara otomatis memungkinkan setiap core pada prosesor berbasis Nehalem untuk berjalan pada clock yang lebih tinggi,sehingga apabila kita menjalankan aplikasi single-threading kinerja yang dicapai akan mendekati aplikasi yang telah multithreading.
#Jika anda ingin tw apa itu perbedaan singletherading dengan multhithreading anda bisa kunjungi blog sahabat saya ini nih,: http://ekohandoyo.blog.undip.ac.id/2009/12/08/proses-dan-thread/

Dalam Keluarga Prosesor Intel Core i5, dan dua seri prosesor terbaru Intel Core i7 akan membawa mikroarsitektur Nehalem terbaru kepada mainstream desktop.Intel Core yang sebelumnya diberi kode nama ?Lynnfield? adalah chip yang dirakit berdasarkan mikro-arsitektur Nehalem dan dirancang bagi pengguna yang membutuhkan performa handal untuk digital media, gaming, dan aplikasi-aplikasi berat lainnya. Prosesor Intel Core beserta express chipset Intel P55 terbaru telah tersedia bagi para pengguna sejak hari ini.
Semua prosesor bebas dari timah dan halogen dan dilengkapi dengan teknologi turbo boost. Lini teratas dari prosesor Core i7 ini juga ditunjang oleh teknologi Intel Hyper-Threading. Gabungan dari keduanya memberikan kecerdasan yang absolut pada komputer pada saat yang dibutuhkan dan efisiensi yang optimal pada saat baterai komputer tidak terlalu penuh.

Chipset terbaru membawa perubahan desain yang revolusioner sejak penemuan PCI bus pada awal tahun 1990-an dan menjadi acuan bagi format komputer tahun 2010. Intel P55 Express Chipset akan menjadi dasar komponen motherboard di seluruh dunia.

Prosesor terbaru Core i7 dan i5 adalah prosesor Intel pertama yang mengintegrasikan 16-lane PCI Express 2 graphics port dan dua channel memory controller yang memungkinkan semua input dan output diatur oleh sebuah chip yaitu Intel P55 Express Chipset. Sebelumnya Intel Chipset membutuhkan dua buah chip yang terpisah. Sebuah Direct Media Interface (DMI) terbaru menghubungkan prosesor dengan chipset. Chipset mendukung 8 PCI Express 2.0 x1 Ports (2.5GT/s) agar perangkat menjadi fleksibel. Selain itu chipset juga mendukung 6 SATA 3 Gb/s Ports dengan Intel Matrix Storage Technology yang menyediakan RAID levels 0/1/5/10. USB 2.0 hingga 14 Ports dapat ditambahkan pada Chipset yang terintegrasi dengan USB 2.0 Rate Matching Hub beserta Intel High Definition Audio untuk mendapatkan kualitas suara digital yang premium. Prosesor terbaru ini adalah yang pertama menggunakan paket Land Grid Array (LGA) 1156 dan socket technology.

Prosesor mobile Intel Core i7 terbaru, dengan tambahan PM55 Express Chipset, menyuguhkan pengalaman terbaik bagi laptop untuk permainan yang intens, digital media, foto, musik, aplikasi bisnis dan software multi-threaded lainnya yang menuntut kecepatan tinggi dalam prosesnya. Chip juga meningkatkan keseluruhan performa ketika menggunakan aplikasi ini secara bersamaan.

“Dengan fitur handal seperti Intel Turbo Boost Technology, Intel Hyper-Threading Technology serta fitur lainnya, Intel telah merevolusi prosesor laptop pc, memberikan performa ketika Anda membutuhkannya dan efisiensi energi ketika Anda tidak menggunakannya,” kata Budi Wahyu Jati, Country Manager, Intel Indonesia Corporation.

Intel Core i7 mobile yang sebelumnya diberi kode nama? Clarksfield? menggunakan Intel Turbo Boost Technology yang dapat meningkatkan clock speed prosesor hingga 75 persen untuk mengimbangi muatan kerja dan memberikan performa terbaik dengan aplikasi ber-thread tinggi yang menggunakan multi-threaded power dari Intel Hyper-Threading Technology. Prosesor mobile terbaru Intel Core i7 juga dilengkapi dengan dukungan memori dua channel DDR3 1333 MHz dan full 1 x16 or 2 x8 PCI Express 2.0 graphics.

Laptop dengan prosesor mobile Intel Core i7 edisi ekstrim mendukung Intel Extreme Memory Profiles (Intel XMP) dan Intel Extreme Tuning Utility, piranti terdepan ini memungkinkan pengguna untuk melakukan overlock dan membuat suara di laptop Anda menjadi jernih untuk performa yang luar biasa dan optimalisasi baterai. Sebagai tambahan, Intel PM55 Express Chipset stasiun kerja yang canggih dan laptop khusus game yang dapat mendukung fitur seperti Intel Matrix Storage Technology, Intel High-Definition Audio, dan meningkatkan I/O interface.

# Untuk Tambahan saya sediakan video mengenai teknologi turbo boost.



Sumber ; http://lianagunawan.wordpress.com dan http://dicahideto.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan tidak boleh bersifat sara dan di harapkan sopan