9.12.11

Pengertian OOP (Object Oriented Programming)

Pengertian OOP(Object Oriented Programming) beserta penjelasan mengenai Karakteristik dan beberapa pengertian penting dalam OOP yang akan saya berikan pada kesempatan ini untuk membantu teman-teman sekalian yang ingin mengetahui apa itu OOP dan Atribut pembentuknya.

Baiklah saya akan langsung saja ke pembahasan, OOP atau singkatan dari Object Oriented Programming merupakan cara atau metode baru dalam membuat program, dan dalam teknik membuat program OOP adalah dengan mengetahui terlebih dahulu Objeknya, kemudian atribut(field/data)dan Perilaku (Fungsi).berbeda dengan programan Prodesural(konvensional),membuat program memakai aspek input, proses, dan output.

oke, kita selanjutnya kita masuk ke Karekteristik OOP

1.Karekteristik OOP


Karakteristik (ciri) suatu program termasuk dalam OOP, apabila terdapat Pembungkusan(Encapsulation), Polymorphisme, dan Turunan (Inheritance)

Baik, Mari Kita membahas apa yang saya sebutkan di atas satu persatu

1.2 Pembungkusan (Encapsulation)

Pembungkusan(Encapsulaton)merupakan suatu karakteristik OOP dimana program terbungkus menjadi satu) data (properti/field) dan perilaku (fungsi/method) artinya lebih memperhatikan aspek internal daripada aspek eksternal.

Contoh ; Di dalam sebuah program sering kita jumpai tombil Button Close (Sebagai Data), kemudian kita sisipkan Method System.exit(0) untuk keluar dari sistem Java.

1.3 Polymorphisme

Polymorphisme merupakan suatu karakteristik OO dimana objek yang berbeda dapat memakai method Polymorphisme dengan nama yang sama pada suatu kelas (class)

1.4 Turunan(Inheritance)

Turunan Merupakan Suatu Karakteristik OOP dimana suatu kelas (Parent Class/Base Class) yang dapat diturunkan ke kelas yang lain (child class/Derived class), sehingga kelas anak dapat memiliki data atau perilaku kelas orangtuanya.


untuk beberapa pengertian Penting OOP akan seya lanjutkan nanti, sabar ya..

Referensi; buku pribadi, tentang JAVA 2.

2 komentar:

  1. pelit kali gak bisa d copy !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    BalasHapus
  2. wkkwkwk..klw bs di copy bisa terjadi duplikasi

    BalasHapus

Pesan tidak boleh bersifat sara dan di harapkan sopan