6.11.09

Perbandingan kinerja Core i5 dengan Core i7

Perbandingan kinerja Core i5 dengan Core i7.




intel core i7(9xx) hampir sudah 1 tahun di luncurkan dan merupakan prosesor tecepat di kalangan pengguna PC.namun i7 masih mempunyai sedikit kekurangan,yaitu dari segi Harga bukan dari segi kinerja.

untuk mengantisipasi larinya para pembeli ke pesaing intel karena masalah budget yang gede ini,maka intel telah meluncurkan produk terbaru yaitu Core i5,yang di tujukan untuk pasar mainstream.prosesor ini sebenarnya masih keturunan i7 tetapi dengan perubahan struktur.
i7 yang sebelumnya memakai soket bloomfield,berbeda dengan i5 yang memakai soket lynnfield,

berikut perbandingan core i5 dengan core i7 dari beberapa pengujian:

1.SYSmark 2007 preview(software penguji kinerja sistem secara keseluruhan)
media2 aplikasi:WME 9,3S max 8.0

:kinerja core i5 mengungguli i7 satu poin persis,namun sebenarnya keseluruhan kinerjanya adalah sama,ketika turbo boost di aktifkan,core i7 langsung unjuk gigi dengan unggul empat poin.kendati ini tidak terlalu banyak.

2.PC mark vantage ( tes kinerja sistem menyeluruh,dengan "windows vista")

media2 aplikasi:PC Mark suite

:core i7 masih unggul dari core i5,pada sistem Gaming performa core i7 masih tidak terkejar oleh core i5,jadi bagi yang ingin membangun game 3D,core I7 pilihan yang menarik.

3.3D mark Vantage (mengukur kinerja untuk game 3D)

:core i7 masih unggul,ketika speedstep dan turbo boost di aktifkan hasil yang di peroleh relatif tetap-seperti terjadi bottleneck pada kartu grafis yang digunakan.

4.siSoftware sandra 2009
media2 aplikasi:berbasis windows,seperti benchmarks,haedware dan sofware.

pada benchmarks ada tes bandwidth dan jelas core i7 lebih unggul engan triple channelnya.hal sama juga terlihat pada intruksi ISEE4.1 yang masih di pimpin oleh coe i7 dengan perbedaan yang mencolok.


5.Cinebanch R10 (kinerja pada animasi 4D)

:core i7 dan core i5 sama-sama berinti empat.core i7 di untungkan oleh adanya hyper-threading(HTI),sehingga sekali lagi core i7 lebih baik dari core i5.

6.Media encorder 9 (mengukur kinerja konversi video)

:di dalam hal ini core i5 lebih unggul dari i7 dengan selisih waktu yang cukup jauh,setelah di lakukan penelitian oleh tim pcPLUS "terdapat sebuah anomali yakni kinerja prosesor akan turun ketika "HT" dinyalakan".oleh sebab itu core i7 harus tunduk dalam hal ini dari i5.


7.dBpowerWamp Music converter 13.1
(mengukur kinerja konversi Audio)

:i7 kembali unggul disini,dan menariknya ketika turbo boost di aktifkan core i5 langsung melesat ke depan,inilah bukr sempurnanya turbo boost pada lynnfield(soket prosesor yang di pakai i5)

8.PT.Boats:knights of the sea benchmarks (kinerja di game 3D directX10)

:Kinerja core i7 dan i5 hampir sama di sini,karena hanya terpaut 1-2 fbps,yang paa praktikya tidak terasa.

9.PLN (penggunaan daya jala-jala,untuk beban listrik)

:pengukuran di lakukan pada saat masing2 prosesor dlam keadaan idle an di bebani 100%.
seperti yang kita ketahui,dengan TDP lebih rendah(95W VS 130 W),Core i5 menyerap lebih sedikit daya di bandingkan core i7.
perbedaan konsumsi dayanya cukup banyak.jadi performa core i7 yang bagus harus di bayar dengan konsumsi daya yang besar pula.


*sumber majalah PC plus 27 okt-9 nov 2009.

1 komentar:

Pesan tidak boleh bersifat sara dan di harapkan sopan