17.10.09

FriendFeed dan Facebook



???melihat image di atas secara sekilas pasti anda langsung berpikiran itu logo Facebook?!,situs pertemanan yang sangat populer di kalangan masyarakat saat ini,namun jika di amati secara benar anda pasti langsung tau perbedaanya..??!!yupz...itu adalah logo dari FriendFeed.

Friendfeed]

Dengan adanya berbagai macam layanan Web, kita pasti mengalami kerepotan dalam memonitor informasi dari berbagai macam sumber. Terkadang kita ingin memonitor foto apa saja yang di-share teman. Atau artikel-artikel terbaru di blognya. Status twitter terakhir, dan sebagainya. Di sinilah peran layanan semacam Friendfeed dibutuhkan.

friendfeed merupakan sebuah layanan web yang memungkinkan para pengguna beberapa situs sosial yang berbeda berinteraksi,dan seseorang dapat mengetahui aktifitas teman-temannya walau berbeda situs pertemanan.
frienfeed didirikan oleh bret taylor.
bret merupakan tamatan stanfdford university 2003,ia bersama 12 rekan nya ia membangun friendFeed..dengan tujuan membuat sebuah layanan yang dapat menembus dinding2 pemisah antar situs pertemanan yang semakin di gemari sekarang ini..setelah kita melalui agregasi ke situs web mana saja dengan satu kali berlangganan kita akan terupdate dengan semua User Generated Content (UGC) yang dihasilkan oleh seseorang..

Selain beragregasi, Friendfeed juga menambahkan fitur komentar dimana kita bisa menambahkan komentar atas (UGC)seseorang. Di sinilah conversation terjadi. Percakapan ini mirip dengan komentar dalam blog hanya saja sekarang terjadi dalam Friendfeed. Dan karena banyak informasi teragregasi dalam satu tempat, kini orang menjadi lebih efektif dan efisien dalam berinteraksi. Penyaringan informasi bisa dilakukan di satu tempat tanpa harus mencari-cari informasi, dan membacanya satu-satu. Contentwalking (bentuk generik dari blogwalking) bisa dilakukan di satu tepat. Skimming informasi bisa lebih cepat dilakukan sehingga pengguna Friendfeed bisa fokus ke aktivitas berkomunikasi dengan pengguna yang lain.

Facebook membeli FriendFeed



Facebook secara tak terduga resmi membeli FriendFeed. Dengan layanan tersebut, pengguna situs pertemanan ini dapat melihat aktifitas teman mereka di semua media sosial, termasuk pesaing Facebook.seperti twitter dan friendster.

Pendiri FriendFeed Bret Taylor mengatakan, dua layanan milik mereka akan segera bergabung dengan Facebook, namun untuk saat ini masih di operasikan secara terpisah. Dia juga menambahkan, kerja sama ini akan menjadikan kedua situs tersebut semakin menarik, apalagi Facebook memiliki basis pengguna hingga 250 juta orang.

12 karyawan FriendFeed juga turut bergabung dengan kantor pusat Facebook di Palo Alto, Amerika Serikat. Termasuk diantaranya keempat pendiri FriendFeed, Bret Taylor, Paul Buchheit, Jim Norris dan Sanjeev Sing, yang akan menempati posisi tim senior rekayasa produk Facebook.

Selain itu, kerja sama diantara kedua situs ini tentu menjadi ancaman serius bagi situs jejaring sosial sekaligus mikroblogging Twitter. Karena menurut analisa perusahaan riset Gartner, akuisisi ini akan membantu pengguna Facebook dalam memberikan informasi secara lebih real-time.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan tidak boleh bersifat sara dan di harapkan sopan